Bagaimana cara memasak Terbaru Donat lembut awet (bakulan saya) Aneka Resep Nusantara

Resep Rahasia Warisan para Leluhur.

Donat lembut awet (bakulan saya). #donatlembut #kulineranmanis Semoga bermanfaat Jangan lupa subscribe, like, komen dan share Terima kasih. Resep 'donat super lembut' paling teruji. Karena anak saya yang besar suka sekali makan donat.

Donat lembut awet (bakulan saya) Cara Membuat Donat Kentang Enak dan Lembut Awet Tahan Lama. Pertama aktifkan fermipannya dengan cara mencampur air hangat dengan gula dan susu kental manis, tunggu sampai berbusa banyak. Lalu campurkan semua bahan kering seperti tepung terigu, tepung maizena, bp, baking. Sist bisa memperiapkan Donat lembut awet (bakulan saya) dengan menggunakan 9 bahan-bahan dan hanya butuh 13 cara untuk membuat masakan favoritenya. Di sini kami akan memberikan cara memasak masakan dengan simple, cepat, gampang dan mudah ikuti dan juga dilengkapi video untuk memudahkan anda.

Bahan yang dibutuhkan memulai Donat lembut awet (bakulan saya)

  1. Anda butuh 250 gr terigu (sy pke terigu kiloan).
  2. Tambahkan 50 gr gula pasir.
  3. Anda butuh 1 sdm susu bubuk (sy beli yg per ons ditoko bahan kue).
  4. Persiapkan 1 sdt lebih ragi instan (sy beli yg dijual per ons ekonomis).
  5. Siapkan 1 Kuning Telur ayam (bkn yg dr kulkas ya bun).
  6. Tambahkan 50 gr kentang (dikukus/ rebus, lalu lumatkan pke sendok/gelas).
  7. Tambahkan 100 ml air es bener2 dingin.
  8. Tambahkan 40 gr margarin (sy pke palmia, 1 bks 200gr 5rb, bs 5 x pake).
  9. Ambil Sejumput garam halus.

Donat…donat. donat… siapa suka donat.? jajanan yg satu ini dari dulu emang banyak penggemarnya ya. Mumpung lagi semangat ngeblog nich sekalian aja aku post resep-resep kue kering hasil bakulan lebaran kemarin. Donat merupakan salah satu makanan di Indonesia yang paling populer dan merakyat. Tak heran bila donat jadi makanan favorit semua orang.

Cara Memasak Donat lembut awet (bakulan saya)

  1. Siapkan dahulu kentang kukusnya. Gak usah dikupas, cuci bersih kulitnya aja, lngsung dikukus atau rebus, setelah matang, kelupaskan kulitnya, lgsung dihaluskan. Sisihkan dan biarkan dingin.
  2. Siapkan diwadah berbeda tepung terigu + susu bubuk + ragi + gula pasir. Aduk hingga rata aja..
  3. Kemudian masukkan kuning telur dan kentang yg sdh di haluskan td, aduk hingga rata. Saya pake sendok aja..
  4. Setelat tercampur rata, tuangkan air es, aduk rata lagi (mnurut pngalaman saya, yg paling pas 85 ml air es, tanpa hrus tambah2 tepung blakangan bun). Terakhir, masukkan margarin dan garam halus, aduk dan uleni hingga kalis elastis. Saya akhir2 ini selalu menggunakan mixer, soalnya lebih cepat n gak bikin capek. Padahal sih sebenarnya baskom yg biasa saya pake ngaduk2 adonan donat nya pecah saat banting2 adonan. Tp ya sudahlah.. 😊 lanjuut.
  5. Setelah kalis elastis, bentuk adonan bulat dan letakkan di tengah2 wadah. Jika adonan masih terasa lembek sekali dan lengket, tinggal di taburi terigu sambil di ulen2 atau di mixer. Tutup dengan serbet atau kain bersih selama kurleb 30 mnt atau adonan mengembang 2 x lipat. Pengalaman saya sebelum2 nya bikin adonan donat terlalu lembut, akibatnya donat jd nyerap minyak, boros dah pkoknya, meskipun di masak dengan satu kali balik. Maklumlah kan, saya bikinnya buat jualan. πŸ˜….
  6. Nah, lanjut lagi ke topik ya bun,, setelah adonan mengembang, seperti biasa pd umumnya, adonan donat silahkan dikempiskan, lalu timbang sesuai kebutuhan. Takaran donat saya 20 gr aja, ukuran jualan Rp.1000/pcs. Biasanya donat perolehan saya 20 - 25 buah donat. Yg paling mantep bntuknya sih ya bun tkaran 30-35 gr πŸ˜….
  7. Utk membentuk donat yg bulat dgn langkah sederhana, saya siapkan botol sirup bekas (sy pke botol ma*jan). Lalu pastik yg sudah dipotong dgn ukuran lebih lebar dr donat. Tutup botol sirup ma*jan nya utk melobangi tengah adonan.
  8. Setelah selesai dibagi jd beberapa adonan, bulatkan satu adonan, gilas sekedarnya saja hingga berbentuk bulat lebar, jgn terlalu tipis. Lobangi tengahnya dengan tutup botol segera, agar adonan tdk mengecil, lalu letakkan di atas plastik segi empat yg sdh disiapkan sebelumnya dan ditaburi sedikit terigu bila perlu. Lakukan hingga habis.
  9. Bisa juga setelah di gilas, cetak dengan mulut gelas atau mangkok yg lbih lebar dr bibir gelas, sy jg pernah pake tempat nyimpan gula, ukurannya pas utk donat 1000an saya. Tp ingat ya bun, jgn tipis2 bgt gilasnya. Tp yg lebih saya sarankan, ya ttep ambil seperlunya adonan, bulatkan, lalu gilas perlahan aja utk awal, sampe berbentuk bulat lebar. Soalnya kalo pake teknik gilas adonan bnyak2 sekaligus, sisa yg kita cetakin bkal gk ngembang sempurna klo digilas berulang2..
  10. Diamkan kurleb 15 menit atau adonan mengembang 2 x lipat. Kemudian goreng dgn minyak secukupnya, api kecil, balik donat jika tampak mulai kuning keemasan, dengan satu kali balik aja. Saya pake teflon..
  11. Setelah matang, angkat dan tiriskan, biarkan dingin dahulu, lalu beri toping sesuai selera y bun....
  12. O iya bun, makin tinggi kwalitas terigu, makin bagus donat n yg di hasilkan y bun.. 😊.
  13. Mudah sekali, selamat berbakul ria πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜† jgn lupa cantumkan sumber saat reshare πŸ˜ƒ.

Membuat donat juga cukup mudah, empat resep membuat donat yang enak, empuk dan lembut bisa kamu contoh di sini. Donat telah menjadi cemilan yang merakyat, karena rasanya yang enak, dan manis. Ada resep cara membuat kue donat agar donat yang dihasilkan Agar kue donat yang Anda buat semakin menarik, Anda dapat menambahkan taburan gula halus di atasnya, atau coklat seres, keju, kacang, dan. Donat klasik adalah donat dalam bentuk yang paling sederhana. Donat ini bulat bolong di tengah, diberi topping gula, dan polos tanpa isi.

Step by step Donat lembut awet (bakulan saya) dengan mudah