resep: Terenak Sate Taichan Aneka Resep Nusantara

Resep Rahasia Warisan para Leluhur.

Sate Taichan. Sate taichan is a variation of chicken satay which burned without peanut or ketchup seasoning unlike other satays. It served with sambal and squeezed key lime, while the chicken meat used with this satay generally plain white in colour and only seasoned with salt, key lime, and a little chili. Like other satays, sate taichan is sold at night.

Sate Taichan Meskipun hanya berupa tenda, namun tempat makan ini selalu ramai dikunjungi para pecina kuliner sekitaran Kelapa Gading. Di Sate Taichan Mpe Anda akan menikmati sensasi makan sate pedas asin yang tentunya sangat menggugah selera. Sate taichan adalah sebuah varian sate yang berisi daging ayam yang dibakar tanpa baluran bumbu kacang atau kecap seperti sate pada umumnya. Sist bisa memasak Sate Taichan dengan menggunakan 19 bahan-bahan dan hanya butuh 6 cara untuk membuat masakan favoritenya. Di sini kami akan memberikan panduan membuat masakan dengan simple, cepat, gampang dan mudah ikuti dan juga dilengkapi video untuk memudahkan anda.

Bahan yang dibutuhkan memasak Sate Taichan

  1. Persiapkan 250 gr fillet dada ayam.
  2. Siapkan 1 sdt kaldu jamur.
  3. Tambahkan 1/2 sdt garam.
  4. Tambahkan 1/2 sdt ketumbar bubuk.
  5. Persiapkan 1/2 sdt merica.
  6. Persiapkan 1 sdm minyak.
  7. Persiapkan Jeruk nipis/jeruk limau (secukupnya).
  8. Persiapkan Bahan Sambal Taichan.
  9. Anda butuh 5 buah cabe rawit.
  10. Tambahkan 3 buah cabe merah keriting.
  11. Siapkan 2 buah cabe merah besar.
  12. Tambahkan 3 bawang putih.
  13. Anda butuh 5 bawang merah.
  14. Tambahkan 1/2 sdt minyak.
  15. Anda butuh 1 sdm kaldu jamur.
  16. Tambahkan 1/2 sdt gula pasir.
  17. Siapkan 1/2 sdt garam.
  18. Ambil 1/2 sdt penyedap rasa (pakai Masako boleh).
  19. Anda butuh 100 ml Air.

Sate ini hanya disajikan dengan sambal dan perasan jeruk nipis, sementara daging sate untuk sate taichan lazimnya berwarna putih polos dan hanya dibumbui garam, jeruk nipis, dan sedikit cabai. Sate ini dijual pada malam hari, lazimnya sate-sate pada umumnya. Berbeda dengan sate pada umumnya, sate taichan memiliki tampilan daging yang cenderung masih putih. Tak hanya itu, sate ini juga tidak dilengkapi dengan bumbu kacang, melainkan sambal cabai.

step by step Sate Taichan

  1. Cuci bersih fillet dada ayam, iris sesuai selera untuk besar kecilnya daging sate..
  2. Beri kucuran jeruk limau/jeruk nipis secukupnya. Tambahkan kaldu jamur, merica, ketumbar, minyak, garam. Marinate kurang lebih 15-20 menit..
  3. Sembari menunggu marinasi, rebus bahan sambal kurang lebih 10 menit. Tiriskan bahan sambal dan masukkan kedalam blender untuk dihaluskan..
  4. Ketika menghaluskan sambal, tambahkan air kurang lebih 100 ml (sesuai selera ingin sambalnya kental atau agak cair). Tambahkan minyak dan bumbu bumbu halusnya. Rada menyesuaikan dengan selera masing masing..
  5. Balik lagi ke ayam, setelah dimarinasi bisa langsung ditusuk untuk selanjutnya dipanggang..
  6. Setelah siap, panggang sate taichan, jangan sering dibolak balik karena daging fillet dada ayam gampang hancur. Sekiranya sudah matang. Angkat dan sajikan bersama sambal. Berikan taburan bawang goreng diatasnya. Untuk cocolan selain dengan sambal, biasanya sate taichan disajikan dengan cocolan asin (saya pakai kaldu jamur).

Uniknya lagi, rasa asin, asam dan pedas menjadi satu dalam hidangan sate yang hanya dibuat dari daging dada ayam ini. Perpaduan rasanya dengan tekstur daging ayam yang lembut ini akan membuat siapa saja. Bernama sate taichan, sate ini merupakan salah satu hasil inovasi sate ayam Madura yang memiliki citarasa berbeda dari olahan sate lainnya. Jika sate ayam Madura, Sate Kambing Madura dan sate Padang selalu di olesi bumbu kacang dan kecap saat proses pembakaran. Peminat sate taican masih terus meningkat, bahkan hingga saat ini.

Tutorial Sate Taichan dengan murah